Saturday 17 February 2018

Tahapan pemilihan kepala daerah serentak 2018 sudahmemasuki masa rawan gesekan. Bibit perpecahan itu sudah mulai terlihat, saat pengundian nomor urut Pasangan Calon Wali Kota Makassar. Keributannya memang masih dalam skala kecil, namun itu sudah bisa menjadi sinyal yang harus diwaspadai semua pihak agar tidak melebar.

Keributan kecil sempat terjadi, karena Danny dana pasangannya telat tiba di Hotel Carion, Jl AP Pettarani, Makassar, tempat yang dipilih oleh KPU Makassar melakukan pengundian nomor urut peserta Pemilihan Wali Kota Makassar.

Menjadi tugas semua paangan calon untuk mengingatkan pendukungnya agar tidak terbawa emosi. Tidak mudah terpancing oleh situasi yang mudah berubah. Yang paling penting adalah, tidak ada yang melakukan provokasi.

Semua pihak perlu meningkatkan kewaspadaan, termasuk media massa. Khususnya dalam memuat opini yang ditulis oleh tim media salah satu kandidat yang bernada menyerang, kompetitor dukungannya.

Selain pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan pengganti Syahrul Yasin Limpo yang akan mengakhir masa baktinya. Sejumlah kabupaten dan kota di Sulawesi Selatan juga menyelenggarakan Pilkada Serentak tahun ini.

Suasana kondusif yang tercipta saat ini, mudah-mudahan terus terjaga. Rakyat meski menyadari posisinya sebagai pemilik hak suara. Jangan mudah terprovokasi yang bisa memecah belah kerukunan yang sudah terbangun. Pilihan boleh berbeda, tetapi silaturahmi harus tetap jalan.

Hendaknya diingat, pilkada hanyalah sebuah cara memilih pemimpin yang akan berulang setiap lima tahun. Tidak perlu mengorbankan hubungan baik dengan kawan dan kerabat hanya karena beda dukungan.

INGAT, yang terbaik adalah kerabat dan tetangga terdekat kita. Merekalah yang akan tampil sebagai penolong terdekat jika Anda kena masalah. Bukan figur yang anda dukung. Bukan pula mereka yang memberi iming-iming sekali dalam lima tahun. Terlalu mahal yang harus dibayar jika harus mengorbankan persaudaraan hanya karena memilihi seseorang yang bisa jadi Anda tidak mengenalnya sama sekali. Hanya tahu nama dan wajah lewat selebaran.

Selamat berPilkada. Gunakan hak Anda secara bijaksana.

1 comments:

  1. Buy the Convection microwave oven in India with Reviews & Buyer's Guide. Choose the best
    warranty. best convection microwave oven under 15000

    ReplyDelete