Tuesday, 8 July 2014

Tanggal 7 Juli 2014, SMP se Kabupaten Gowa membuka pendaftaran penerimaan siswa baru tahun ajaran 2014. Khusus SMP Negeri 2 Sungguminasa yang terletak di Jl Sultan Hasanuddin langsung diserbu calon siswa dan orang tuanya. Saya termasuk salah satu di antara mereka.

Saya termasuk salah seorang di antara mereka yang antre di sekolah tersebut. Berbeda dengan ketika saya menjadi calon siswa baru di kampung, beberapa tahun silam. Semuanya diurus sendiri. Sekarang anak-anak harus didampingi. Bahkan, ada sejumlah orangtua yang harus ikut antre menggantikan anaknya. Dan itu yang terlihat lebih dominan.

Anak-anak kita, calon siswa baru, yang semestinya dibiasakan mengurusi dirinya sendiri sejak dini, khususnya dalam mempersiapkan masa depannya justru menjadi penonton. Menyaksikan orangtua mereka berdesakan. Parahnya, antrean tidak teratur karena sejumlah orang berdiri di depan loket sehingga menghalangi orang lain yang baru datang.

Padatnya antrean tidak hanya terjadi di SMP Negeri Sungguminasa. Di SMP Negeri 1 dan sekolah sederajat lainnya juga dipadati calon siswa baru. Apalagi, waktu yang disiapkan sekolah hanya tiga hari. Dan di hari ketiga itu bertepatan dengan pencoblosan Pilpres, sehingga orang tua ingin menyelesaikan urusannya pada hari pertama pendaftaran.

Menjelang siang antrean, di hari pertama itu bukannya makin berkurang. Tetapi semakin padat hingga menjelang salat Lohor. Saya memilih mengembalikan formulir di hari kedua saja, dengan asumsi sebagian besar orangtua calon siswa akan berusaha menyelesaikan urusannya di hari pertama.

Dugaan saya tidak melesat. Hari kedua pendaftaran tidak lagi sepadat hari pertama. Saya hanya butuh waktu sekitar 90 menit untuk menyelesaikan urusan pendaftaran sekolah kedua anakku untuk memulai kehidupan barunya sebagai siswa sekolah menengah pertama.

Kamis (10/7/2014), mereka akan ikut tes untuk tiga mata pelajaran masing-masing, Ilmu Pengetahuan Alam, Matematika, dan Bahsa Indonesia. Semoga usaha kalian sukses Nak. Doa Ayang menyertai kalian. Insya Allah.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment