Thursday 10 March 2016

Ribuan orang duduk bersimpuh di Anjungan Pantai Losari Makassar, Rabu (9/3/2016), menjadi saksi terjadinya gerhana matahari, fenomena alam yang merupakan salah satu bukti kebesaran Allah. Di saat yang sama, ribuan kaum muslimin juga berkumpul di sejumlah masjid melantunkan pujian atas kebesaran Allah SWT pada detik-detik gerhana matahari itu berlangsung. Mereka melakukan salat gerhana berjamaah. Tak sedikit yang menitikkan air mata.

Pemerintah Kota Makassar sengaja membuat acara terkait dengan fenomena alam tersebut. Festival Gerhana Maatahari Total 2016. Foto-foto warga yang menunjuk ke arah matahari pada saat gerhana terjadi akan disimpan di museum Kota Makassar sebagai bukti bahwa Kota Anging Mammiri ini pernah dilintasi gerhana matahari pada tahan 2016.

Lain orang berbeda pula cara yang dilakukan untuk mengenang peristiwa alam luar biasa ini. Beberapa orangtua yang melahirkan pada hari bertepatan dengan terjadinya gerhana matahari itu menamai anaknya dengan Gerhana. Ya penggalan kata gerhana diselipkan di dalam nama panjang si anak. Misalnya, Gerhana Mentari, Ananda Putra Gerhana, Putri Gerhana. Semua itu mereka lakukan secara sadar.

Jauh lebih penting dari peristiwa alam ini adalah mengambil hikmah yang terkandung di dalamnya. Dan salah satu pelajaran penting yang patut dipetik dari fenomena alam ini adalah keteraturan dan ketaatan atas ketentuaanNya. Bukankah gerhana matahari ini menunjukkan adanya fase peredaran bulan, matahari, dan bumi yang melintas sesuai garis edar yang sudah ditentukan oleh Yang Maha Pencipta?

Karena semua berjalan sesuai dengan garis edar yang sudah ditentukan oleh penciptanya maka dipastikan yang terjadi adalah keteraturan. Tidak terjadi kegaduhan karena menyalahi aturan. Termasuk terciptanya fenomena yang sungguh sangat menakjubkan. Lihatlah, betapa indahnya ketika dari bumi terlihat bulan menutup penuh matahari. Sulit menggambarkan keindahan yang tercipta.

Andai saja para penyelenggara negara ini mengurus negeri sesuai aturan dan tidak mementingkan diri sendiri serta kelompoknya, maka dapat dipastikan akan tercipta harmoni kehidupan yang memberi kedamaian luar biasa. Lihatlah ciptaan Allah, bumi, matahari, dan bulan yang bergerak sesuai garis edarnya tidak menimbulkan masalah. Bahkan menciptakan harmonisasi berbuah keindahan yang sungguh sulit digambarkan keindahannya.***** Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? SMS ke 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment