Tuesday 11 November 2014

Makan sebiji apel hijau setiap hari ternyata mampu mencegah obesitas. Daily Mail, Selasa (30/9/2014), mengabarkan, hasil sebuah peneltian memberi bukti yang lebih spesifik bahwa para peneliti menemukan bahwa di dalam usus, apel akan memanggil bakteri baik yang membuat perut terasa penuh.

Hasil penelitian itu menyebutkan, satu buah apel jenis Granny Smith, dengan warna hijau cerah dapat membuat orang merasa kenyang. Studi yang dipublikasikan dalam jurnal Food Chemistry mengungkapkan bahwa senyawa yang sulit dicerna dalam buah ini, yang terdiri dari serat dan polifenol, tak akan hancur oleh asam usus. Ketika menjangkau usus, senyawa ini akan terfermentasi oleh bakteri dalam usus yang membantu pertumbuhan banyak senyawa yang ramah.

Para peneliti Washington State University, Amerika Serikat, menguji sejumlah jenis apel pada tikus untuk melihat jenis apel yang paling mengembangkan bakteri ramah. Hasilnya, apel jenis Granny Smiths ternyata lebih baik dibandingkan Golden Delicious, Gala, Braeburn, dan jenis apel lain.

Tim menganalisis kotoran tikus setelah diberi makan berbagai jenis apel. Beberapa tikus yang diteliti obesitas. Para peneliti menemukan keseimbangan bakteri dalam usus orang-orang gemuk kerap terganggu yang dapat mengganggu metabolisme dan membuat orang lapar. Dalam studi itu kotoran tikus gemuk yang makan apel Granny Smith mengalami perubahan dan menjadi sama dengan tikus yang kurus.

“Senyawa yang sulit dicerna dalam apel Granny Smith sebenarnya mengubah proporsi bakteri dalam kotoran tikus gemuk menjadi sama seperti tikus yang kurus. Temuan studi ini akan membantu konsumen untuk membedakan jenis apel yang dapat membantu melawan obesitas,” kata Profesor Giuliana Noratto dari Washington State University.

Temuan ini dapat membantu mengurangi gangguan yang berkaitan dengan kegemukan, termasuk mengurangi tingkat peradangan. “Jadi yang menentukan keseimbangan bakteri dalam usus adalah makanan yang kita konsumi,” tutur Profesor Noratto.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment