Thursday 17 September 2015

Wali Kota Makassar Danny Pomanto ingin menggunakan forum massa untuk mengatasi Begal Bermotor yang nyaris setiap hari melakukan aksi di Kota Makassar. Ini sebenarnya mirip-mirip dengan ide Ponggawa yang pernah diapungkan Danny, beberapa waktu lalu. Namun entah kemana ide tersebut menguap.

Keinginan Wali Kota menghentikan aksi begal yang kian meresahkan warga kota tentu patut diapresiasi. Hanya saja, cara yang akan ditempuh untuk mengatasinya haruslah dipikirkan sematang-matangnya agar tidak melahirkan persoalan baru. Kata salah satu iklan, mengatasi masalah tanpa masalah.

Aksi begal memang tidak bisa dibiarkan karena sudah sangat meresahkan. Sejumlah korban sudah berjatuhan. Tetapi itu merupakan tugas aparat keamanan yang hadir untuk melindungi masyarakat. Bahwa, publik harus dilibatkan, tentu saja tidak dinafikan. Karena keamanan kota bukan hanya tugas polisi saja, tetapi menjadi tugas kita semua sebagai warga yang ingin melihat kotanya aman dan nyaman bagi penghuni dan tamunya.

Hanya saja, pelibatan warga dalam bentuk forum massa untuk menciptakan keamanan, jangan sampai menjadi justifikasi bagi yang bersangkutan (anggota forum masa) untuk melakukan eksekusi terhadap setiap peristtwa yang dipandang mengganggu atau berpotensi memunculkan masalah yang mengganggu ketenangan warga.

Sejumlah kejadian yang menimpa salah seorang warga yang kedapatan ingin mengambil barang yang bukan miliknya di rumah orang lain, harus benar-benar diambil hikmahnya. Seorang pemuda tewas meregang nyawa akibat luka-luka di tubuhnya akibat pukulan warga saat yang bersangkutan kedapatan ingin mencuri.

Tindakan warga itu sangat jelas sebagai sinyal bahwa jika aparat keamanan tidak mampu memberi rasa aman maksimal bagi warga maka mereka akan bertindak. Soal melanggar hukum atau tidak bukan soal yang harus diperdebatkan. Dan itu akan mengarah ke tindakan main hakim sendiri.

Jika forum massa yang diinisiasi oleh wali kota jadi terbentuk sebagai langkah khusus menertibkan kota maka harus dipastikan bahwa tugas mereka adalah untuk membantu aparat keamanan menciptakan keamanan. Ya … hanya membantu aparat keamanan yang memang hadir untuk itu. Tugas mereka (forum massa) harus dijelaskan secara detail. Untuk apa mereka hadir dan bagaimana seharusnya bertindak, khususnya menemukan insiden. Termasuk dalam kondisi emergency sekalipun. Menarik ditunggu bagaimana kelanjutan ide Wali Kota Makassar untuk mengatasi begal yang sudah sangat mengganggu ketenangan publik.

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? SMS ke 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

2 comments:

  1. Terimakasih atas semua artikel bermanfaat yang sudah anda publikasikan melalui blog yang menarik ini, saya tunggu postingan selanjutnya, have a nice day, kawan :)

    ReplyDelete
  2. nice post, gan... Keep posting!!

    ReplyDelete