Friday 12 June 2015

Garuda Muda menunjukkan kapasitasnya dengan menekuk tuan rumah Singapura di babak penyisihan grup Sea Games tahun 2015. Kemengan 1-0 itu memastikan Evan Dimas dan kawan-kawan melaju ke semi final mendampingi Myanmar sebagai juara grup.

PSSI boleh dibekukan. FIFA boleh memberi sanksi sesuai kewenangan yang dimiliki. Tetapi para pahlawan lapangan hijau yang tergabung dalam skuad Garuda Muda pun punya cara sendiri menjawab semua kisruh yang melingkupi organisasi yang mereka tempati bernanung. Organisasi yang nyaris tidak pernah sepi dari masalah bernama PSSI.

Kemelut yang dihadapi PSSI sekarang ini, bukanlah kisruh yang pertama kali terjadi. Dalam kepengurusan sebelumnya, organisasi ini pernah terbelah akibat berebut kuasa sebagai pengendali tertinggi. Fakta itu mengindikasikan bahwa organisasi tersebut menjanjikan banyak hal. Dan itu dipahami benar oleh mereka yang sudah malang melintang di dunia sepakbola. Sehingga berbagai cara mereka tempuh untuk mencapai tujuan sebagai pengendali utama.

Sukses menekuk tuan rumah melalui gol cantik Evan Dimas di menit 47, membangkitkan harapan publik sepakbola tanah air agar Garuda Muda terbang lebih tinggi lagi. Sebagai runner up grup B, Evan Dimas dan kawan-kawan sudah diadang tugas berat. Mereka akan menghadapi juara bertahan, Thailand, yang menjadi juara grup A.

Pertandingan semifinal yang mempertemukan Garuda Muda dengan Thailand akan dihelat di Singapore National Stadium, Sabtu (13/6). Partai ini menuntut kerja keras dan butuh racikan khusus dari pelatih Aji Santoso.

Kemampuan skuad besutan Aji Santoso ketika membekuk Singapura di depan publiknya yang memberi dukungan sepanjang pertandingan, cukup membanggakan dan mengapungkan berlaksa harapan. Bahkan, disebut-sebut memiliki mental bertanding luar biasa. Mereka tidak terpengaruh dengan gonjing-ganjing kisruh PSSI-Menpora dan mempersembahkan kemenangan untuk melaju ke babak semi final Sea Games 2015 yang merupakan even terakhir tahun yang diikuti pasca turunnya sanksi dari FIFA.

Dalam sepakbola apapun bisa terjadi. Tim berkelas yang dihuni banyak bintang kadang dipecundangi tim papan bawah. Itu banyak terjadi di liga berbobot di Eropa sana. Dengan semangat dan kemampuan yang dimiliki, Garuda Muda diharapkan bisa menunjukkan kapasitasnya sebagai tim layak jadi juara.

Kita doakan saja Aji Santoso menemukan resep jitu untuk membungkam Thailand. Berapa pun skornya bukan masalah. Yang penting, bisa melaju ke babak final dan merebut emas. Boleh tak juara umum, tetapi medali emas sepakbola akan menjadi kado yang tak kalah membanggakannya.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment