Saturday 12 September 2015

Paket ekonomi yang diluncurkan pemerintah tidak serta membuat rupiah mendadak perkasa. Alih-alih menguat, nilai tukar rupiah terhadap dolar AS malah makin loyo. Melorot. Akibatnya, publik pun menyebut, pasar merespon negatif paket ekonomi yang diumumkan Presiden Jokowi.

Harus dipahami, pemerintah bukanlah superman yang hanya dengan sekali kepak saja akan membuat rupiah perkasa secara instan. Tentu butuh waktu. Entah dalam hitungan hari atau minggu. Bahkan mungkin berbilang bulan. Yang pasti, pemerintah telah menunjukkan komitmennya melakukan perbaikan untuk menaikkan kembali harga diri rupiah yang ujungnya akan memperbaiki juga perekonomian nasional.

Jika dicermati, paket ekonomi yang diluncurkan itu, memang butuh waktu untuk memetik hasilnya. Ibarat menanam pohon, tidak bisa langsung menghasilkan buah sesaat setelah ditanam. Butuh proses dan kesabaran. Lihat saja tiga poin penting dalam paket tersebut. Pertama, Mendorong daya saing industri nasional melalui deregulasi, debirokrasi, penegakan hukum, dan kepastian usaha. Kedua, Mempercepat proyek strategis nasional, dan Ketiga, Meningkatkan investasi di sektor properti.

Untuk mendorong daya saing industri pemerintah merombak sejumlah peraturan dan menyederhanakan izin dan prosedur perizinan. Perombakan itu diharapkan bisa menghilangkan hambatan atau sumbatan dalam pelaksanaan dan penyelesaian proyek strategis nasional. Bersamaan dengan itu pemerintah mendorong pembangunan perumahan untuk masyarakat berpenghasilan rendah sekaligus membuka peluang investasi yang lebih besar di sektor penyediaan papan tersebut.

Artinya, masyarakat harus bersabar menunggu hasil dari paket ekonomi September I tersebut sembari menunggu paket lanjutan yang mungkin akan lebih detail dan langsung menyentuh aktivitas perekonomian nasional, sehingga hasilnya akan segera terlihat.

Bagaimana pun kita tentu sama berharap, nilai tukar rupiah bisa membaik. Tetapi seperti pengalaman sebelumnya, sangat sulit mengharapkan nilai tukar rupiah terhadap dolar AS akan akan kembali seperti semula. Yang terjadi biasanya, akan stabil di titik keseimbangan baru. Dan itu akan menjadi patokan baru pelaku bisnis untuk mengkalkulasi ulang pembiayaan bisnis yang akan dikelola. Dan seperti biasa pula badai akan segera berlalu dan rupiah akan stabil di titik yang tepat.

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? SMS ke 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

2 comments:

  1. Semua postinga artikelnya sangat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. terima kasih. :D

    ReplyDelete
  2. Nice share nih juragan.. keep posting, semoga postingannya selalu memberikan banyak manfaat untuk banyak orang. amiiinnn.. ^_^

    ReplyDelete