Thursday, 21 August 2014

Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan “Danny” Pomanto berjanji akan mengevaluasi keberadaan tenaga honorer di lingkungan Pemerintah Kota Makassar. Pasalnya, tenaga honorer dinilai terlalu gemuk sehingga kurang efektif dalam bekerja.

Banyaknya tenaga honorer, bukan hanya di lingkup Pemkot Makassar tetapi juga di instansi lain, memang melahirkan sejumlah pertanyaan tentang efektivitas kerja mereka. Liat saja, warung-warung kopi di pagi hari, khususnya yang berdekatan dengan kantor lurah atau camat misalnya. Berapa banyak pengunjungnya yang berseragam pegawai negeri sipil. Padahal, itu merupakan jam kerja buat mereka. Jam-jam produktif.

Kalau malu jeli melihat, fenomena itu mengindikasikan mereka tidak ada pekerjaan yang mendesak diselesaikan pada jam-jam seperti itu. Kalaupun ada, biasanya akan diambil alih oleh tenaga honorer.

Atau cobalah sekali waktu ngintip ke ruang kerja salah satu instansi pada jam-jam produktif. Ada yang asyik baca koran. Ada pula yang justru asyik main game di komputer yang seharusnya digunakan bekerja. Meski tidak bisa dimungkiri banyak juga di antara mereka yang mengerjakan tugas rutinnya sebagai pegawai negeri sipil yang sesungguhnya.

Dany mengungkapkan data kasar, jumlah tenaga honorer di jajaran Pemkot Makassar saat ini, sebanyak 5.000 orang. Itu data yang tercatat di Badan Kepegawaian Daerah. Jumlah yang super besar. Tetapi tunggu dulu, jika tersedia tenaga kerja sebanyak itu mengapa nyaris setiap hari masih saja ada keluhan tentang minimnya kualitas pelayanan yang dirasakan sebagian warga Kota Makassar? Data ini bisa dilihat pada halaman interaktif media massa yang secara khusus memuat keluhan pembaca yang didominasi warga Kota Makassar.

Itu dari sisi kualitas pelayanan. Coba simak data lanjutan yang diungkapkan Danny, tenaga honorer yang jumlahnya super besar itu ternyata memaksa pemerintah kota menyiapkan anggaran sebesar Rp 25 miliar setiap tahun untuk menggaji mereka. Jumlah yang tentu saja cukup fantastis.

Menarik menunggu gebrakan Danny menangani tenaga honorer ini. Semoga tidak salah memangkas. Artinya, jangan tebang pilih. Bisa jadi ada honorer yang memang bekerja secara efektif, tetapi tentu saja ada juga yang sekadar numpang lewat karena dia dekat dengan petinggi misalnya. Intinya Wali Kota harus bijaksana menangani tenaga honorer tersebut.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

1 comments:

  1. (Srimuliani Handoyokusumo; Lolos PNS Guru di lingkungan Kemenag Berau)

    Berawal dari keinginan kuat untuk mengikuti test tertulis CPNS yang dilaksanakan oleh PEMDA Berau dimana saya tinggal, saya pun ikut berpartisipasi mengkutinya. Namun sebenarnya bukan sekedar hanya berpartisipasi tapi terlebih saya memang berkeinginan untuk menjadi seorang PNS. Waktu pun terus berjalan, karena tertanggal 5 Desember 2013 yang lalu saya pun mengikuti Test CPNS yang diselenggarakan oleh PEMDA Berau dengan harapan yang maksimal yaitu menjadi seorang PNS. Kini tanggal 18 Desember 2013, pengumuman test kelulusan tertulis itu diumumkan. Dengan sedikit rasa was-was dan bercampur tidak karuan menyelimuti pikiranku. Rasa pesimisku memang timbul, karena pengumuman yang di informasikan adalah tertanggal 11 Desember 2013 namun di undur tanggal 18 Desember 2013. Dengan mengucapkan BISMILLAH, aku pun masuk ke halaman kantor BKD untuk melihat hasil pengumuman test tertulis CPNS. Dan Syukur Alhamdulillah saya pun LULUS diurutan ke 3 dari 1 formasi yang aku ikuti di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Dan berikut peringkat screen shoot yang saya jepret menggunakan Ponsel kesayangku.

    Puji Syukur tak henti-hentinya aku panjatkan ke Hadirat Allah SWT, atas rezeki yang diberikan kepadaku. Semua hasil ini saya ucapkan terimakasih kepada :

    1. ALLAH SWT; karena KepadaNya kita mengemis dan memohon.

    2. Suami dan Anak [DikMa]; Dukungan Do’anya sangat berharga dalam pencapaian saat ini.

    3. Orang Tua, Saudara-saudaraku; Tetap mensupport aku selama 3 bulan terakhir ini, terimakasih Mama, terima kasih Kakak Perempuan ku, terima kasih Kakak Laki-laki ku tak terlepas juga buat teman-temanku terimakasih semuanya.

    4. Terimakasih untuk khususnya Bpk.IR.AGUS SUTIADI M.SI beliau selaku petinggi BKN PUSAT,dan dialah membantu kelulusan saya selama ini,alhamdulillah SK saya tahun ini bisa keluar.anda ingin LULUS seperti saya silahkan anda hubungi nomor bpk IR.AGUS SUTIADI M.SI,0852-3687-2555.

    ReplyDelete