Tuesday 2 June 2015

Ketua DPD II Partai Golkar Bulukumba yang Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, memenuhi janjinya mengumumkan nama calon bakal bupati yang akan diusung partainya di Pilkada Bulukumba, mendatang. Nama tersebut bakal diajukan ke DPD I Sulawesi Selatan.

Selain mengusulkan dua nama kader masing-masing A Hamzah Pangki (Ketua Bappilu dan Ketua DPRD Bulukumba) dan Sekretaris Golkar Bulukumba Muh Tabri, Golkar juga mengusulkan nonkader yakni A Bau Amal yang saat ini menjabat sebagai Sekrtaris Daerah Bulukumba. Nama terakhir ini “menyalahi” janji Zainuddin yang sebelumnya menyebut hanya akan mengakomodasi kader Partai Golkar.

Zainuddin mengklaim, ketiga nama tersebut mampu da memiliki peluang yang sama untuk menang. Nama mereka akan diajukan ke DPD I untuk diteruskan DPP sebagai penentu akhir.

Dan seperti yang biasa terjadi dalam dunia politik, penentuan nama figur untuk menduduki posisi penting, sering melahirkan silang pendapat jika tidak ingin disebut sebagai protes atau penolakan. Hamsah Pangki menolak salah satu nama yang diajukan ketuanya karena yang bersangkutan bukan kader Golkar.

Partai Golkar mengontrol enam kursi di DPRD Bulukumba, sehingga harus berkoalisi dengan partai lain yang memiliki minimal dua kursi untuk memenehui syarat minimal untuk mengajukan calon. Yakni delapan kursi.

Pengumuman tiga nama bakal calon bupati yang disampaikan Zainuddin itu, menepis isu yang menyebut nama Kepala Dinas Perhubungan Sulsel Masykur Sultan yang sebelumnya disebut-sebut akan mengendarai Partai Golkar karena kedekatannya dengan Ketua DPD I Partai Golkar akan mengendarai Partai Golkar. Apalagi, ada nama yang diusung bukan kader Golkar.*****

1 comments: