Wednesday, 21 July 2010

Luar biasa. Kira-kira itu yang pantas disematkan terhadap Kota Makassar terkait pertumbuhan industri selular. Tercatat sudah sepuluh operator bersaing berebut pasar yang benar-benar menggiurkan di Makassar.
Tribun Timur, Rabu (21/7), melansir, dalam tempo tiga tahun, sudah lima operator telekomunikasi hadir di Makassar yakni Esia, Fren, 3/Tri, Smart, dan yang teranyar masuk Makassar adalah Axis yang resmi diluncurkan di Makassar, Senin (19/7).
Vice President Sales and Distribution Axis, Syakieb Ahmad Sungkar, mengungkapkan, Makassar merupakan gerbang wilayah timur Indonesia yang memiliki potensi besar. "Kota ini ibaratnya mutiara dalam lumpur. Pertumbuhan ekonominya sangat pesat, dan ini menjadi pertimbangan operator untuk meluncurkan layanannya," tutur dia.
Menurut Syakieb, atas pertimbangan ini juga pihaknya akan menempatkan kantor wilayahnya di Makassar untuk menggenapkan lima kantor region Axis lainnya yang sudah dibuka di Palembang, Medan, Surabaya, Bandung, dan Jakarta.
Ketatnya industri seluler di Makassar yang rata-rata membawahkan regional Pamasuka (Papua, Maluku, Sulawesi, dan Kalimantan) ini dirasa Manager Communication & Relationship Telkomsel Pamasuka, Jowvy Kumala, sebagai hal sukacita, karena konsumen makin diuntungkan dengan pilihan yang makin variatif sesuai kebutuhannya.
Dari sisi strategi pemasaran, seluruh operator bersaing pada tarif murah baik pada SMS, voice, hingga layanan data, termasuk melakukan bundling dengan ponsel tertentu. Atribut inilah menjadi pendorong utama konsumen memilih produk operator seluler tertentu.
Regional Sales Operation Manager Sulampapua Tommy Chandra Dirgantara, mengatakan, kondisi industri seluler di Makassar kian ketat, namun ada yang kuat juga ada yang lemah.
"XL Axiata sendiri banyak melakukan strategi untuk memenangkan pertarungan. Salah satunya melalui program Hadiah Outlet Top (HOT) yang mampu mendekatkan ikatan emosional pihak manajemen kami dengan retailer, diler, dan outlet, termasuk memotivasi mereka meningkatkan penjualan," ungkapnya.
Selain itu juga ada program Cash XL yang mengikutkan seluruh outlet termasuk outlet kecil untuk ikut program berhadiah. Dari pihak operator 3 (Tri) sendiri juga sudah menyiapkan strateginya dengan membuka 3Store-nya yang ke-27 di Makassar. 3Store ini juga merupakan yang pertama di wilayah Sulawesi.
Dengan makin banyaknya penyedia jasa bidang layanan telekomunikasi selular ini maka bisa dipastikan tentu konsumen akhir.(rusdy embas)

0 comments:

Post a Comment