Sunday 28 June 2015

Setelah menunggu berbulan-bulan lamanya dan sempat menjadi bahan perbincangan publik kalau tidak bisa dikatakan kritikan tajam sebagai proyek yang direncanakan secara tidak matang, Bus Rapid Transit (BRT) Mamminasata akhirnya dioeprasikan juga.

Dari lima koridor yang direncanakan dijelajahi bus untuk melayani publik Makassar, pada pengoperasian perdana, Sabtu (27/6/2015), Perum Damri baru melayani satu koridor saja. Yakni rute dari Mall Panakkukang ke Mall GTC Tanjung Bunga pergi-pulang. Rencananya, angkutan massal tersebut akan beroperasi dari pukul 08.00-22.00 wita. Namun karena sekarang bulan Ramadan, maka Damri melakukan penyesuaian jam operasional dari pukul 08.00 hingga 17.00 wita.

Melihat titik berangkat dan tujuan akhir serta rute yang dilalui bus di koridor dua ini, seharusnya Damri bisa berharap bakal banyak warga yang memanfaatkan jasa yang ditawarkan. Itu jika warga kota benar-benar ingin memanfaatkan fasilitas tersebut. Apalagi, tarif yang ditetapkan setara dengan angkotan kota alias pete-pete. Hanya Rp 5.000 untuk sekali jalan. Suasana dalam bus juga relatif aden. Damri mengklaim mobil tersebut mampu menampung 45 penumpang sekali jalan dengan tawaran kenyamanan bagi penumpang. Bisa internetan, tempat duduk yang empuk, serta audio.

Melihat fasilitas yang dimiliki, bus ini sepertinya bisa menjadi alternatif yang menjanjikan bagi warga. Dibandingkan harus berpanas-panas naik sepeda motor ke kantor misalnya, bus ini bisa menjadi pilihan bagi pekerja yang letak kantornya masuk dalam rute bus tersebut. Atau berdekatan dengan halte yang akan disinggahi. Yang membedakan dengan petepete yang bisa berhenti sesuai selera dan keinginan penumpang, bus ini hanya boleh singgah di halte yang sudah disiapkan.

Entah ada pengaruh polemik saling menyalahkan antara Perum Damri dan Dishub Sulsel, beberapa waktu sebelumnya, peresmian beroperasinya Damri untuk koridor dua tersebut, berbeda dengan launching lima BRT yang dilakukan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo, Maret 2013 lalu, di Anjungan Pantai Losari. Tidak terlihat wakil dari Pemprov Sulsel dalam perjalanan terdana. Mungkin karena dianggap tidak penting lagi karena sudah dilakukan launching, beberapa waktu lalu.

Bagi publik Makassar, soal diresmikan secara seremoni atau tidak bukan hal yang penting untuk diperdebatkan, karena faktanya adalah, bus tersebut sudah melayani publik, meski harus menunggu cukup lama setelah bus uji coba istrahat permanen. Artinya, bus tersebut benar-benar sudah hadir, bukan lagi sekadar perbincangan menunggu izin ini, izin itu.

Sebagai panduan bagi calon penumpang yang berniat menggunakan jasa ini adalah, rute yang akan dilalui dari Mall Panakkukang adalah Jl Boulevard-AP Pettarani-Urip Sumoharjo-Bawakaraeng-Jendreral Sudirman-Dr Sam Ratulangi-Kakatua-Gagak-Nuri-Rajawali-Metro Tanjung Bunga-Trans Studio-dan berakhir di Mall GTC Tangjung Bunga.

Sedangkan rute dari Mall GTC Tanjung Bunga bus akan melalui jalur Jl Metro Tanjung Bunga-Penghibur-Pasar Ikan-Ujung Pandang-Ahmad Yani-Bulusaraung-Masjid Raya-Urip Sumiharjo-AP Pettarani-Boulevard dan berakhir di Mall Panakkukang.

Dengan melihat rute ini, calon penumpang bisa merencanakan perjalanannya, termasuk hitung-hitungan biaya angkuta yang harus dikelurkan untuk mendukung aktivitas harian. Termasuk memperhitungkan jarak tujuan akhir dengan halte yang dijadikan sebagai tempat transit.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

4 comments:

  1. Selamat malam, salam kenal nih kak.. mampir ya, blognya bagus banget nih templatenya, isinya juga keren-keren, penuh info penting dan bermutu, keep posting ya kaka ^^

    ReplyDelete
  2. Hadir kembali berkunjung dihari yang indah dan cuaca yang cerah ini, terimakasih teman karena selalu berbagi info menarik yang ter up to date, keep blogging!!

    ReplyDelete
  3. terima kasih atas informasinya. Semua beritanya terlihat menarik untuk di simak, mohon kunjungi juga website kami, kami tunggu. Terimakasih.

    ReplyDelete
  4. infonya sangat bermanfaat sekali mbak/mas, makasih yach!! beritanya bagus banget dan sangat menarik untuk di baca hari ini. Ijin share juga ya, terimakasih.

    ReplyDelete