Sunday 21 September 2014

Pendapat umum selama ini menyebutkan meminum kopi membuat warna gigi menjadi kusam atau kuning. Itu karena kandungan kafein pada kopi menempel di lapisan luar gigi.

Tetapi hasil penelitian terbaru dari Universitas Boston menemukan bahwa minum kopi ternyata justru membantu melindungi seseorang dari serangan penyakit seperti peradangan gusi dan tulang rahang.

Para peneliti menemukan bahwa orang yang meminum sedikitnya secangkir kopi sehari lebih sedikit mengalami gangguan pada gigi, seperti periodontal. Hasil itu ditemukan setelah mereka melakukan penelitian terhadap 1.000 pria berusia hingga 30 tahun.

“Kopi bisa mematikan proses inflamasi dalam tubuh yang biasanya akan berbahaya pada gusi dan tulang rahang gigi,” kata penulis hasil studi, Raul Garcia, seperti dilansir Kompas.com.

Periodontal merupakan jaringan yang menghubungkan antara gigi dan tulang penyangga gigi. Penyakit ini disebabkan adanya infeksi akibat bakteri yang menempel pada gigi yang menyebabkan gigi menjadi goyang atau tidak kuat dan bisa berakibat pada copotnya gigi seseorang.

Para peneliti juga menemukan bahwa meminum kopi ternyata bisa menghentikan perkembangan bakteri yang mengumpul di gigi. Mereka meyakini, kandungan antioksidan dalam kopi dapat mencegah penumpukan plak pada permukaan gigi.

Meminum kopi memang tetap akan membuat warna gigi Anda kusam. Namun, menurut Gracia, itu tidak dikhawatirkan. Apalagi kadar asam pada kopi lebih sedikit dibandingkan banyak minuman lain seperti jus buah, soda, dan minuman berenergi.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment