Friday 5 September 2014

Saya sering mendengar, jika ingin tetap terjaga maka sebaiknya minumlah secangkir kopi. Dan itu yang dipercaya banyak orang. Bahkan, tidak jarang ada beberapa orang jika berkunjung ke warung kopi di malam hari, minta kepada pelayan agar dibuatkan kopi tipis. Benarkah?

Tetapi sebuah penelitian menyebutkan justru kedua aktivitas tersebut, minum secangkir kopi kemudian dilanjutkan dengan tidur siang. Mesku hanya beberapa menit justru akan member kesegaran yang penuh sensasi. Tidur siang setelah minum secangkir kopi ternyata sangat efektif mengusir lelah setelah bekerja di siang hari. Ini sangat paradox dengan pemahaman banyak orang penikmat kopi.

detikHealth edisi jumat (5/9/2014) mengutip sebuah hasil studi yang dilakukan peneliti tidur, Dr David Dinges, yang juga seorang profesor di departemen psikiatri di University of Pennsylvania, menyebutkan kekuatan dahsyat perpaduan kopi dan tidur siang bermuara pada kimia tubuh. Seusai minum kopi kemudian dilanjutkan dengan tidur, kafein dan adenosine yang merupakan senyawa penyebab kantuk saling bersaing dan merangsang zat kimia yang terakumulasi di otak ketika seseorang terjaga dan menghilang pada saat seseorang tidur.

Kewaspadaan tubuh biasanya mencapai puncaknya setelah sekitar 30 menit mengonsumsi kafein. Jadi dengan tidur selama sekitar 20 menit, Anda dapat mengurangi jumlah adenosine. Dengan demikian, kafein bisa memiliki efek yang lebih besar.

Dinges lantas mengingatkan sebuah studi tahun 2001 yang melibatkan 28 laki-laki dan perempuan. Dalam percobaan digabungkan pil kafein dosis rendah dan aktivitas tidur para relawannya. Dari percobaan itu, kafein berhasil mengatasi apa yang disebut sleep inertia. Sleep inertia adalah kondisi saat seseorang mengalami kesulitan untuk terjaga, di mana ototnya terasa lemah dan yang bersangkutan merasa mengantuk berat.

Sebelumnya pernah juga dilakukan percobaan yang menghubungkan kafein dan tidur siang. Dalam serangkaian studi yang digelar pada 1990-an, peneliti di Loughborough University, Inggris, menemukan bahwa minum secangkir kopi dan sesaat kemudian tidur siang selama 15 menit lebih baik dalam mengatasi rasa kantuk pengendara motor ketimbang hanya minum kopi saja atau tidur siang saja.

Jika Anda ingin meningkatkan kualitas tidur siang dengan kafein, pastikan tidak berlebihan. Sebab dengan konsumsi berlebihan maka kafein bisa mengganggu waktu tidur.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment