Wednesday 8 October 2014

Kerja sebagai wakil rakyat belum lagi dimulai. Tetapi sebanyak 85 anggota DPRD Sulsel sudah akan menghabiskan uang rakyat sebesar Rp 531 juta. Uang tersebut akan digunakan untuk bimbingan teknis (bimtek) para anggota dewan itu di Jakarta.

Setiap anggota dewan akan mengikuti bimbingan tersebut selama empat hari di ibu kota negara. Bimbingan tidak hanya diikuti oleh anggota dewan yang baru pertama kali menjadi wakil rakyat, tetapi legislator yang sudah pernah melewati bimbingan serupa pun masih akan ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Mungkin menganut azas pemerataan. hehehehehehe....

Anggota dewan menyebut, bimbingan teknis tersebut wajib diikuti oleh semua legislator, baik yang baru duduk di dewan maupun yang sudah menjadi anggota dewan tahun-tahun sebelumnya.

Bimbingan biasanya dipahami sebagai salah satu cara yang dilakukan untuk memberi pemahaman teknis kepada seseorang terkait pekerjaan yang akan digeluti. Dalam konteks itu, anggota dewan akan dilatih untuk memahami pekerjaannya sebagai wakil rakyat.

Itu dilakukan terhadap mereka yang belum paham dan masih buta dengan tugas-tugas yang akan diemban. Tetapi bagaimana dengan legislator yang sudah “karatan” di dewan? Yang sudah berulangkali mengikuti kegiatan yang sama. Masih perlukah dibimbing dengan materi latihan yang sama?

Tidak bisa disalahkan jika ada yang mempertanyakan efektivitas bimbingan teknis itu. Apalagi bagi mereka yang sudah mengikuti bimbingan serupa. Dari segi efisiensi juga sepertinya akan jauh lebih murah jika bimbingan dilakukan di Makassar saja dengan mendatangkan beberapa pemateri dari Jakarta. Itu akan jauh lebih murah dibandingkan memberangkatkan 85 anggota dewan ke Jakarta.

Jika pendekatan itu yang digunakan sebagai kacamata untuk meneropong efektivitas kegiatan tersebut, sangat wajar jika muncul kecurigaan bagi publik bahwa bimbingan itu dilakukan sekadar pintu masuk untuk mendapatkan uang rakyat dengan cara yang benar menurut aturan. Dan seperti itulah cara pandang yang digunakan banyak orang.$

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment