Friday, 30 August 2013

Luar biasa. Tiga calon usungan Partai Golkar memenangi pemilihan kepala daerah di tiga kabupaten yang dihelat, Kamis, 29 Agustus 2013. Meski masih harus menunggu keputusan KPU namun berdasarkan hasil penghitungan cepat yang dilakukan beberapa lembaga survey dan konsultan politik, perolehan suara mereka sangat meyakinkan.

Ketiga pasangan calon tersebut adalah, Rusdi Masse – Dollah Mando di Sidrap dengan perolehan suara 54,93 persen, Muslimin Bando – Amiruddin di Enrekang yang meraup 53 persen suara, dan Taufan Pawe di Parepare dengan suara dukungan 41,56 persen.

Terkait sukses tersebut, Ketua DPD I Partai Golkar yang juga Gubernur Sulawesi Selatan, menyebut sebagai kemenangan rakyat. Alasannya, semua calon partai beringin di tiga daerah tersebut ditetapkan berdasarkan seleksi yang ketat. Kalimat terakhir yang dikutip dari Tribun itu menjadi perhatian untuk dicermati.

Bagaimana dengan pilkada di daerah lain yang bakal menyusul dalam hitungan hari ini? Yang paling ditunggu-tunggu publik adalah pilkada Makassar yang diikuti 10 calon. Apalagi, penetapan pasangan calon Partai Golkar di Makassar, sempat dianggap bermasalah oleh sejumlah kadernya.

Tanpa bermaksud mengabaikan kontestansi di kabupaten lain yang juga akan melakukan pilkada bersamaan dengan Makassar, kehebatan Partai Golkar akan diuji di Pilkada Makassar.

Apakah Golkar akan mengulang kisah suksesnya seperti yang terjadi di Bumi Ajatappareng yang bisa memenangkan pilkada satu putaran? Belum ada jaminan. Mengamati pemberitaan media massa terkait Pilkada Makassar banyak kejutan yang bisa muncul.

Ikut sertanya None, adik bungsu Syahrul Yasin Limpo, merupakan salah satu faktor yang diduga akan memecah dukungan kader golkar.terhadap calon usungan Partai Beringin di Makassar.

Siapa yang bakal terpilih menduduki kursi Wali Kota Makassar yang akan ditinggalkan Ilham Arief Sirajuddin? Menarik ditunggu hasilnya, 18 September mendatang.

0 comments:

Post a Comment