Friday 27 June 2014

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh menyetujui pendirian tujuh perguruan tinggi baru di Sulsel. Ini tentu saja merupakan kabar yang sangat menggembirakan bagi dunia pendidikan di Sulawesi Selatan. Akan semakin banyak pilihan bagi lulusan SMA di daerah ini yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi

Pernyataan persetujuan itu disampaikan menteri pendidikan ketika meresmikan dan meluncurkan penerimaan mahasiswa baru Institut Seni dan Budaya Indonesia yang terletak di Sudiang, Makassar. Berita yang tak kalah menariknya adalah, perguruan tinggi baru tersebut bakal berada di kabupaten kota masing-masing Parepare, Takalar, Palopo, Tana Toraja, Gowa, dan Kabupaten Bone.

Perguruan tinggi baru itu adalah Institut Teknik Sultan Hasanuddin yang merupakan pengembangan Fakultas Teknis Unhas yang terletak di jalan poros Malino, Kabupaten Gowa; Institut Teknologi BJ Habibie di Kota Parepare, Institut Seni dan Budaya Indonesia di Kabupaten Takalar, Institut Teknologi Toraja di Tana Toraja atau di Enrekang, serta Politeknik Pertanian di Kabupate Bone. Sedangkan Kampus Terpadu Perhubungan direncanakan didirikan di Luwu dengan alternatif Makassar. Satunya lagi adalah Universitas Andi Jemma di Palopo yang merupakan peningkatan status menjadi perguruan tinggi negeri.

Kehadiran kampus baru tersebut, akan melengkapi perguruan tinggi negeri yang sudah hadir di Sulawesi Selatan sebelumnya, yakni Universitas Hasanuddin, Universitas Negeri Makassar, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, dan Politeknik Negeri Ujungpandang.

Perguruan tinggi ini tentu saja diharapkan akan menjadi penghasil sumber daya manusia berkualitas bersama perguruan tinggi yang sudah lebih ada. Kehadiran perguruan tinggi yang pendanaannya menggunakan biaya APBN itu dipastikan bakal berdampak luas terhadap pertumbuhan ekonomi daerah ini. Sejak mulai dirancang, pembebasan lahan, pengerjaan, hingga pada pengoperasiannya. Bakal banyaki tenaga kerja yang terserap.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment