Monday 5 May 2014

Pesta demokrasi baru saja usai. Namun tensi politik di Kabupaten Bulukumba tidak serta merta ikut mereda. Bahkan, bakal cenderung meningkat. Karena dalam hitungan belasan bulan ke depan, Butta Panrita Lopi itu akan menggelar suksesi pemimpin daerah. Bupati Zainuddin Hasan bakal berakhir masa jabatannya tahun 2015. Bukan hanya mantan calon wakil wali kota Makassar itu yang berminat berburu kekuasaan di Bulukumba. Masih banyak tokoh lain yang memendam minat dan harapan untuk maju menjadi calon bupati. Kekuasaan memang selalu menggoda siapa saja. Bukan hanya mereka yang berkecimpung di dunia politik, tetapi pengusaha dan birokrasi pun mengincar jabatan tersebut.

Sebut saja misalnya, mantan Bupati Bulukumba A Sukri Sappewali, mantan Ketua DPRD Bulukumba, A Muttamar Matottorang, A Kurniandy yang kini menjabat Sekwan DPRD Bulukumba, A Baso Maskur Sultan (Birokrat Provinsi Sulsel), dan A Edy Manaf yang merupakan politisi PAN. Dan jangan lupa bupati yang sekarang.

Lihat saja, langkah Ketua Partai Gerindra Bulukumba, Isradi Zainal, yang mengaku akan menjajaki peluang menjadi bakal calon Bupati Bulukumba untuk menggantikan Zainuddin Hasan.

Sinyal bakal maju sebagai calon bupati sebenarnya sudah bisa terbaca dari sejumlah langkah yang diambil Isradi. Selain menjabat sebagai ketua partai, alumni Unhas itu juga gesit menjalin komunikasi dengan sejumlah komunitas. Jalinan komunikasi itu sudah dibangun sejak pemilihan bupati beberapa tahun silam. Pemilihan yang pada akhirnya dimenangkan Zainuddin Hasan.

Tidak berlebihan jika Isradi sangat optimistis akan bisa maju sebagai salah satu calon Bupati Bulukumba. Dia menyakini bakal bisa mengendari Partai Gerindra untuk mewujudkan mimpinya menjadi orang nomor satu di Bulukumba.

Apalagi berdasarkan hasil sementara, mengonfirmasikan bahwa partai besutan Prabowo Subianto itu bakal mendudukkan empat kadernya di DPRD Kabupaten Bulukumba.

2 comments: