Monday 4 May 2015

Meski hari libur, sejumlah instansi tetap melakukan upacara bendera untuk memeringati Hari Pendidikan Nasional di Makassar yang kebetulan tahun ini jatuh pada hari Sabtu yang merupakah hari libur.

Kendati demikian, ada juga sejumlah kelompok yang menjadikan Hardiknas tahun ini sebagai momentum untuk berunjuk rasa. Seperti yang dilakukan sekelompok mahasiswa yang membakar ban bekas di Jl AP Pettarani untuk mengekspresikan keinginan dan harapannya. Massa tersebut mengklaim diri sebagai Koalisi Perlemen Jalanan (KPJ).

Sesuai namanya, mereka menyampaikan aspirasinya di jalanan. Soal tindakan itu menyebabkan kemacetan parah, soal lain. Yang penting, uneg-uneg mereka sudah ditumpahkan di jalanan yang mereka jadikan parlemen. Wadah untuk menyatakan pendapat dan menunjukkan jati diri sebagai salah satu anak bangsa yang berhak untuk didengar.

Celebes Law and Transparency Forum Mahasiswa Toraja juga memeringati Hardiknas dengan cara berunjuk rasa di depan Taman Makam Pahlawan, Jl Urip Sumoharjo. Dan seperti biasa, mereka pun menguasai dan memacetkan sebagian jalan. Salah satu tuntutan mereka meminta pemerintah menghapuskan komersialisasi pendidikan.

Kelompok mahasiswa yang mengklaim diri Amanat Penderitaan Rakyat (Ampera) pun menggelar aksi serupa di Flyover. Mereka melakukan longmarch dari depan Kampus Universitas Bosowa hingga ke Flyover. Mereka menuntut pemerintah segera mewujudkan pendidikan gratis yang benar-benar gratis dari jenjang TK hingga perguruan tinggi.

Namun suasana berbeda terlihat di SD IKIP 1 Makassar. Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun ini mereka isi dengan kegiatan di lingkungan sekolah seperti lomba Cerdas Cermat, lomba pidato, dan pemilihan duta baca sekolah. Pesertanya murid kelas empat hingga kelas enam.

Kegiatan di SMA Negeri 18 Paccerakkang Makassar juga tak kalah hebohnya. Mereka menggelar lomba peragaan busana. Pesertanya tentu saja siswa-siswa sekolah tersebut. Bisa ditebak, betapa cerianya mereka memaknai hari pendidikan nasional.

Tidak perlu disandingkan atau dibandingkan siapa melakukan apa dalam memaknai Hardiknas tahun ini. Yang pasti insan pendidikan dari jenjang berbeda itu sudah menunjukkan siapa diri mereka. Dalam berpikir dan bertindak. Selamat memaknai Hari Pendidikan Nasional dengan cara masing-masing.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment