Wednesday 18 March 2015

Penggunaan bawang puih (Allium Sativum) oleh manusia memiliki sejarah panjang dan sudah lama menjadi bahan makanan khususnya di daerah sekitar Laut Tengah. Tanaman yang banyak tumbuh di Asia Tengah ini dijadikan bumbu umum di Asia, Afrika dan Eropa. Bahkan, dalam catatan Mesir kuno, selain digunakan sebagai bahan makanan, bawang putih juga digunakan campuran untuk pengobatan. Berikut manfaat bawang putih yang dikutip dari berbagai sumber.

Selama berabad-abad lamanya bawang putih dikenal sebagai salah satu bumbu makanan yang memiliki banyak efek pengobatan karena dalam tanam bersiung tersebut terkandung banyak nutrisi dan zat yang bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mulai dari demam hingga menurunkan tekanan darah.

Temuan terbaru membuat peneliti terkejut. Ternyata bawang putih memiliki manfaat yang sangat luar biasa yang sebelumnya tidak disadari. Ternyata sangat efektif membunuh sel kanker.

Hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Cancer Association itu mengungkap juga kabar gembira lainnya bahwa bawang putih tak memberi efek samping saat digunakan membunuh sel kanker di dalam tubuh.

“Zat dalam bawang putih yang bernama diallyl sulfide (DAS), diallyl disulfide (DADS) dan diallyl trisulfide (DATS) memberikan perlindungan terhadap karsinogen,” ungkap peneliti, seperti dilansir Daily Health Post (05/03/2015). Meski penelitian ini masih sebatas dilakukan di laboratorium dan belum diaplikasikan langsung pada pasien. Namun peneliti optimis bahwa hasilnya akan baik dan sama dengan yang terjadi di laboratorium. Sebuah penelitian pada tahun 2001 juga menjelaskan bahwa zat sulfur dalam bawang putih baik untuk mencegah pertumbuhan kanker. Bawang putih harus dikonsumsi secara mentah untuk mendapatkan manfaat maksimal di dalamnya. Meski bawang putih juga enak setelah dimasak, namun proses memasak akan menghancurkan enzim yang ada dalam bawang putih. Padahal enzim tersebut yang bekerja mencegah pertumbuhan sel kanker.*****

Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment