Wednesday 18 March 2015

Perusahaaan Daerah Air Minum (PDAM) Makassar cari bos. Untuk itu Pemerintah Kota Makassar sebagai pemilik telah membentuk panitia seleksi alias pansel untuk menyeleksi kelayakan para peminat kursi di tempat basah tersebut. Ini benar-benar basah karena bakal mengurusi air.

Untuk mendapatkan figur yang dinilai tepat mengendalikan perusahaan daerah yang mengurusi kebutuhan air warga Kota Makassar itu, panitia seleksi sudah membuka pendaftaran mulai Selasa (17/3/2015). Periode pendaftaran relatif panjang karena baru akan ditutup per 3 April 2015. Posisi direktur utama tentu saja bakal menarik banyak orang. Dari berbagai latar belakang. Bahkan, nama sejumlah politisi dikabarkan bakal menjadi peserta lelang jabatan direksi perusahaan air minum tersebut.

Jumpa pers panitia seleksi yang digelar lebih banyak menerima atau mengakomodasi sejumlah masukan kalo tidak mau disebut kritikan terhadap kriteria yang sudah ditetapkan. Khususnya keterlibatan calon dalam kepengurusan partai politik.

Eloknya, jajaran direksi PDAM Makassar memang tidak diberikan kepada yang memegang sebuah jabatan. Termasuk para politisi yang tercata sebagai pengurus di partai karena berpotensi melahirkan konflik kepentingan yang jutsru menggangu kinerja perusahaan.

Jika ada politisi aktif sebagai pengurus yang ikut mendaftar tentu tidak bisa dihalangi dan harus diberi ruang yang sama dengan pendaftar lain. Hanya saja, setelah yang bersangkutan telah melalui rangkaia tes yang telah dirancang ternyata memenuhi seluruh syarat dan layak untuk memegang amanah tentu yang bersangkutan harus mundur dari jabatan politis yang dipegangnya. Artinya, dia harus memilih duduk sebagai komandan di PDAM atau tetap aktif sebagai pengurus di partai politik tempatnya bernaung.

Pendaftaran baru dimulai. Masih butuh banyak waktu sebelum mendapatkan hasil terbaik dari proses yang cukup baru dalam penetapan direksi PDAM Makassar. Kita tunggu saja bagaimana pansel bekerja dan memilih orang yang benar-benar tepat menduduki jabatan tersebut. Semoga yang diberi amanah bisa menimalkan aneka keluhan yang nyaris setiap muncul di permukaan. Khususnya yang terpublikasi lewat media.*****

Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment