Friday 3 April 2015

Hanya berbilang hari setelah masyarakatkan dikejutkan dengan kenaikan harga BBM dan gas elpiji ukuran 12 kilogram, pemerintah bagi-bagi uang muka mobil untuk ratusan pejabat negara. Sejalankah dengan koar-koar penghematan yang digaungkan pemerintah?

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS boleh terpuruk. Harga BBM dan elpiji pun silahkan naik. Tetapi bagi-bagi jatah untuk pejabat juga harus dilakukan. Dan total jatah uang muka alias down payment pembelian kendaraan bermotor berupa mobil untuk para pejabat negara yang harus dikeluarkan pemerintah mencapai Rp 150 miliar. Seorang pejabat negara kebagian jatah sebanyak Rp 210 juta. Jumlah yang sangat fantastis bagi rakyat yang masih berkutat dengan kemiskinan. Kalo uang sebanyak itu digunakan untuk biaya hidup bagi warga yang hidupnya di bantaran kali atau di pinggir kanal, kira-kira bisa digunakan untuk bertahan hidup berapa hari ya?

Akhirnya, publik bisa memahami, jika kenaikan harga BBM dan elpiji 12 kilogram tidak mengundang reaksi dari kalangan yang selama ini rajin melakukan protes terhadap kebijakan pemerintah. Selalu mengklaim diri berjuang untuk kepentingan rakyat. Ternyata, sikap diam itu terjadi karena mereka juga mendapat bagian kenikmatan dari penderitaan yang terkena imbas kenaikan harga BBM dan gas elpiji. Benar juga kata para bijak pandai, diam itu emas.

Dari pemberitaan sejumlah media memang ada juga anggota dewan yang menyampaikan nada tidak setuju dengan kebijakan yang kurang bijaksana itu. Tetapi saya yakin suara itu bakal tenggelam di antara riuh rendah sambutan hangat koleganya di institusi yang sama. Apalagi, relasi itu merupakan para petinggi yang mampu memengaruhi keputusan secara lembaga.

Percuma saja rakyat melakukan protes terhadap keputusan yang sudah dibuat pemerintah. Hanya akan menghabiskan energi dan sia-sia. Lebih baik siapkan diri, singsingkan lengan baju untuk bekerja keras. Kencangkan ikat pinggang yang sudah sangat ketat.

Jangan buang waktu untuk berdebat. Gulung lengan baju, seperti yang dilakukan ketika kampanye memenangkan calon yang dipercaya akan mampu melakukan revolusi mental. Karena itu akan lebih bermanfaat untuk melanjutkan hidup yang lebih baik bersama keluarga.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment