Monday 27 April 2015

Waktu datangnya ajal merupakan salah satu yang dirahasiakan Allah SWT. Manusia tidak bisa memperkirakan kapan dan dimana ajal menjemput. Seperti itulah yang dialami seorang nenek berusia 80 tahun di Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan.

Sungguh miris, seorang warga berusia renta harus antre sekitar sembilan jam di Kantor Kecamatan Tonra Kabupaten Bone, Kamis (24/4/2015), hanya untuk menunggu bantuan pembagian program simpanan keluarga sejahtera. Tragisnya, sesaat setelah bantuan tersebut diterima, sang nenek pun jatuh pingsan. Dan akhirnya wafat.

Pelajaran apa yang bisa dipetik pemerintah dari insiden tersebut? Khususunya pemerintah daerah setempat? Ataukan kematian sang nenek dianggap peristiwa biasa dan sudah menjadi risiko bagi mereka yang kurang beruntung secara ekonomi? Musibah yang menimpa nenek yang dikabarkan sebatang kara itu hendaknya menjadi pelajaran berharga.

Buat apa pemerintah memberi bantuan jika harus ada nyawa yang melayang karena kelelahan menunggu? Kecelakaan itu memang sifatnya kasuistis, tetapi sungguh sangat mengusik nurani bagi mereka yang masih memilikinya. Lalu apa artinya, bantuan itu bagi si nenek yang nyawanya sudah melayang? Budaya antre memang harus dikedepankan. Tetapi tidak berarti tidak ada pengecualian.

Mungkin sudah saatnya aparat pemerintahan kecamatan/ desa, khususnya yang berada di level bawah dan berhadapan langsung dengan pelayanan rakyat pemenerima bantuan mencari solusi yang lebih bermartabat. Misalnya, bagaimana melayani jika ada calon penerima yang sudah berusia renta. Dalam kasus seperti itu, sangat tidak layak jika mereka dibiarkan berdesakan dan ikut antre menunggu giliran seperti halnya mereka yang secara fisik cukup sehat.

Menunggu selama sembilan jam untuk mendapatkan bantuan senilai Rp 600 ribu bagi nenek yang sudah berusia 80 tahun tentu bukan perkara mudah. Di usia yang sudah senja seharusnya dia mendapat pelayanan berbeda. Ini tentu bukan bentuk diskriminasi tetapi sebagai bentuk penghormatan kepada mereka yang dari sisi fisik layak mendapatkannya.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment