Monday 20 April 2015

Anggota Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Makassar, sukses membongkar rumah milik warga di Jl Sunu Makassar, Sabtu (18/4/2015). Demikian dilansir tribun timur edisi, Minggu (19/4/2015).

Saat rumah yang terletak tidak jauh dari Masjid Al Markaz Al Islami di Jl Sunu Makassar itu dihancurkan, tidak ada perlawanan dari warga yang mendiami rumah tersebut. Kabarnya, bangunan itu dibongkar karena berdiri di atas tanah negara. Wajar jika pemilik bangunan tidak bereaksi berlebihan. Mungkin sadar dengan posisinya sebagai rakyat kebanyakan yang tidak memiliki kekuatan untuk melawan.

Untuk kasus yang ini, Satpol PP layak mendapat acungan jempol karena sudah menjalankan tugas dengan baik. Sayangnya, tindakan yang sama tidak bisa diberlakukan terhadap kasus lain. Meski sudah ada perintah dari instansi berwenang. Salah satu contohnya, bangunan yang berdiri di atas fasum di dekat Pasar Hartaco. Saat bertindak, sang aparat hanya merubuhkan salah satu sisi saja. Itu pun hanya sebagian yang dibongkar.

Bahkan, tindakan itu sepertinya terpaksa dilakukan hanya karena nyaris setiap hari disoroti oleh salah satu media cetak besar dan berpengaruh di kota ini. Entah bagaimana kabarnya sekarang. Karena media yang sebelumnya antusias memberitakan pemanfaatan lahan untuk fasilitas umum tersebut sudah tidak lagi menurunkan beritanya. Harapannya semoga bangunan tambahan di atas lahan untuk fasum tersebut sudah tidak berlanjut.

Sebagai warga kota, kita memang sering disuguhi berita yang kadang membuat senyum-senyum membacanya. Khususnya terkait penerapan atau penegakan aturan. Untuk kasus pembongkaran rumah warga biasa di Jl Sunu ini, sepertinya Satpol sangat perkasa. Seng ada lawan, kata kawan dari pulau seberang. Tapi bandingkan ketika mereka diminta menertibkan bangunan tambahan di sebuah perumahan di Jl Dg Tata, kompleks yang juga ditempati Dengt Ical sebelum menjabat wakil wali kota. Mereka seperti tak berdaya. Itu karena penghuninya berbeda dengan rakyat kebanyakan yang kena musibah di Jl Sunu itu.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment