Tuesday 21 April 2015

Siswa-siswi SMA Negeri 4 Makassar membuktikan sampah bisa bernilai “ekonomi” jika dikelola secara baik. Pembuktian itu dilakukan oleh Koperasi Sampah alias Kopsam SMAN 4. Program tersebut mereka gelar sejak Februari 2015.

Cara koperasi sekolah menggugah siswa agar peduli terhadap kebersihan, khususnya di lingkungan sekolah itu layak diapresiasi. Selain akan menjadikan lingkungan sekolah menjadi bersih, efek ikutannya tentu saja akan memberi kenyamanan kepada siswa dan guru dalam proses belajar mengajar.

Tekad sekolah tersebut membebaskan lingkungannya dari serakan sampah sudah lama ada. Sebelum Kopsam hadir dengan aneka reward-nya, sudah ada program pendahulunya bernama Keranjang Amal. Bedanya pada program ini nuansa sosialnya lebih terasa. Sampah yang sudah terkumpul dijual. Hasil penjualan itu selanjutnya disalurkan kepada kaum dhuafa.

Sedangkan program bersih-bersih melalui Kopsam ini lebih menekankan rewardnya kepada barang-barang yang berguna bagi siswa. Misalnya, alat tulis dan pulsa. Bahkan ada juga kuota internet. So … fungsinya bisa langsung dirasakan.

Tapi jangan salah, sampah yang bisa ditukar dengan aneka barang itu tentu saja bukan sembarang sampah. Tidak semua jenis sampah bisa ditukar dan bernilai ekonomi. Tetapi hanya sampah kering. Seperti, koran, kertas, majalah, sampul buku, dan botol bekas. Harga per kilogramnya pun bervariasi sesuai jenis kertas atau sampahnya.

Nilai plus lainnya dalam program ini adalah, Kopsam tidak membatasi diri hanya menerima sampah dari siswa sekolah itu saja, tetapi terbuka juga untuk masyarakat sekitar atau siswa sekolah lain yang ingin menukar sampah.

Program bersih-bersih ala SMAN 4 Makassar itu diharapkan bisa menumbuhkan budaya bersih. Sekarang ditunggu reaksi dari Pemerintah Kota Makassar untuk memberi apreasiasi terhadap sekolah tersebut. Apapun bentuknya. Karena itu sudah menjadi bagian dari program besar Makassar Tidak Rantasak, yang bagi saya lebih senang menyebutnya Makassar Tangkasa’. Karena tangkasa; nuansanya lebih positif karena bermakna bersih. Sedangkan rantasak itu kotor alias jorok.*****

Mau Mulai Bisnis dengan Modal Kecil? Hub 0813 5505 2048 - PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment