Thursday 29 January 2015

Satu lagi proyek “akan” dijanjikan oleh Wali Kota Makassar Danny Pomanto untuk mengatasi kemacetan di Kota Makassar. Rencana menghadirkan Metro Kapsul yang digadang-gadang bakal rampung tahun 2017 ini menambah panjang daftar keinginan Sang Wali Kota dalam membangun Kota Makassar menjadi lebih baik. Kota yang ramah dan nyaman terhadap warganya.

Untuk membuktikan keseriusannya menghadirkan Metro Kapsul sebagai angkutan massal untuk melayani warga Kota Makassar, Danny sudah meminta kepada PT Pembangunan Perumahan untuk mengerjakan proyek tersebut dengan target waktu pengerjaan selama setahun (Tribun Timur, Rabu, 28 Januari 2015). Danny juga minta agar perusahaan tersebut merancang detail biayanya. Bahkan, rute dan perkiraan tarifnya sudah dipaparkan juga.

Metro Kapsul ini dianggap sebagai pilihan terbaik setelah rencana pengoperasian monorail yang pernah dirancang beberapa waktu lalu, batal menjadi alat transportasi massal bagi warga Kota Makassar yang makin padat.

Metro Kapsul dianggap lebih mudah diwujudkan karena selain investasinya relatif lebih murah dibandingkan dengan investasi untuk monorel, proyek ini juga dianggap tidak membutuhkan lahan yang luas dan tak perlu membongkar jalan yang akan dilewati. Jadi kendala yang bakal dihadapi akan lebih kecil. Khususnya terkait pembebasan lahan.

Ancang-ancang besaran tarif yang akan diberlakukan untuk moda transportasi darat missal ini sudah dihitung. Hanya kisaran Rp 5.000 hingga Rp 7.000 per orang sekali pemberangkatan dari Jl Hertasning ke Pantai Losari. Jarak itu akan ditempuh dalam 10 menit saja. Praktis kan?

Di atas kertas proyek ini sepertinya cukup ideal. Tingal ditungu bagaimana kelanjutannya. Apakah akan terwujud ataukah hanya sebatas wacana dan peletakan batu pertama saja kemudian dilupakan? Menarik ditunggu untuk mendukung aktivitas masyarakat perkotaan yang kian padat.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment