Saturday 31 January 2015

Pohon nangka mudah ditemukan di hampir semua daerah di Indonesia. Masyarakat pun banyak yang gemar makan buahnya. Bahkan, banyak ibu rumah tangga yang memanfaatkannya sebagai bahan sayuran yang nikmat. Tapi masih banyak juga yang belum tahu jika biji buah nangka juga memiliki manfaat yang sangat untuk kesehatan.

Merdeka.com mengutip Boldsky (4/5/2014) melansir sejumlah manfaat biji nangka untuk kesehatan. Makan biji buah nangka ternyata berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang. Biji buah nangka yang mengandung banyak protein dan nutrisi yang baik ternyata mampu mencegah stres. Tak hanya itu, makan biji buah nangka juga bisa menjadi salah satu cara menyehatkan kulit. Nutrisi yang ada dalam biji buah nangka meningkatkan kelembapan kulit dan menyehatkan lever.

Biji buah nangka dipenuhi banyak nutrisi dan protein. Nutrisi yang ada di dalamnya antara lain karbohidrat, serat, vitamin A, C, dan B, serta mineral seperti kalsium, zat seng, dan fosfor. Selain itu di dalamnya juga terdapat antioksidan yang bisa menangkal kanker.

Bagi yang ingin memiliki kulit cantik, lembut, dan bebas kerutan serta bintik-bintik hitam, biji buah nangka bisa membantu. Caranya, rendam biji buah nangka di susu dingin selama beberapa waktu. Kemudian haluskan biji nangka tersebut dan gunakan sebagai masker pada kulit yang memiliki kerutan. Ini bisa menghilangkan menghilangkan kerutan pada kulit sehingga kulit akan semakin mulus dan bebas noda.

Biji buah nangka juga memiliki kemampuan membantu melancarkan sirkulasi darah dan itu sangat penting untuk kesehatan dan pertumbuhan rambut. Mengonsumsi biji buah nangka akan membantu menjaga kesehatan rambut. Tak hanya itu, biji buah nangka juga bisa membantu mengontrol tingkat gula darah karena biji buah nangka mengandung banyak mangan.

Biji buah nangka yang mengandung vitamin A juga membantu mencegah rambut rontok dan menyehatkan mata. Vitamin A di dalamnya akan mencegah penyakit mata seperti kebutaan dan lainnya.

Kandungan zat besi yang cukup banyak dalam biji buah nangka juga bisa membantu mencegah terkena anemia. Zat besi sangat diperlukan tubuh untuk produksi sel darah merah, sehingga mengonsumsi biji buah nangka akan membantu untuk mengontrol jumlah sel darah merah dan mencegah terjadinya kekurangan darah atau anemia. Tak hanya itu, biji buah nangka juga melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh, sehingga membantu menjaga kesehatan organ tubuh lainnya seperti jantung dan pembuluh darah, serta mencegah penyakit kulit.

So … jangan remehkan dan membuang biji buah nangka. Apalagi menganggapnya tak berguna. Karena biji buah nangka mengandung banyak protein dan nutrisi yang membantu tubuh agar tetap sehat.*****

Awali Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment