Monday 23 February 2015

Minum kopi merupakan salah satu kegemaran masyarakat negeri ini. Tak heran jika bertebaran sejumlah warung kopi di berbagai tempat. Di seluruh Indonesia. Baik berskala besar maupun berbentuk warung pojok. Bahkan, ajakan ngopi sudah menjadi bagian dari basa-basi pergaulan.

Di Kota Makassar, nyaris di setiap jalan ditemukan tempat ngopi. Tempat kongkow para penggemar kopi. Ada yang membahas bisnis dengan mitra ada pula yang sekadar melepas kangen dengan teman lama. Janjian untuk ketemu dengan mitra bisnis juga banyak memanfaatkan kehadiran warung kopi.

Ada kabar baik bagi penikmat kopi seperti dilansir Care2 dan dikutip Intisari. Sebuah hasil penelitian mengungkapkan bahwa kopi ternyata memiliki manfaat yang cukup besar bagi kesehatan otak. Kopi bisa lindungi kesehatan otak.

Sebelumnya, banyak yang beranggapan kopi sering menyebabkan kontroversi dalam hal kesehatan karena kafein yang terkandung di dalamnya. Namun, para peneliti menunjukkan bahwa konsumsi kopi dalam jumlah yang wajar dapat memberikan manfaat bagi otak, baik dalam jangka pendek dan panjang.

Mengonsumsi kopi akan membuat kemampuan otak meningkat dalam waktu singkat. Meskipun efeknya hanya sementara, tapi kopi bisa membantu seseorang bekerja lebih fokus. Kopi juga memicu adrenalin yang membuat orang lebih energik dan bersemangat, serta membantu meningkatkan suasana hati.

Polifenol dalam kopi adalah salah satu antioksidan yang dapat mencegah radang otak. Tidak hanya itu, polifenol juga mencegah peradangan yang dapat menyebabkan masalah kesehatan lain seperti osteoporosis, kanker, dan penyakit jantung. Selain itu, polifenol dalam kopi juga membantu mengatasi radang dari dua bagian otak, korteks, dan hipokampus.

Berdasarkan penelitian yang dipresentasikan dalam Konferensi Tahunan Alzheimer Eropa 2014, dinyatakan bahwa kopi dapat memberikan perlindungan terhadap penyakit Alzheimer. Orang dewasa yang mengonsumsi tiga hingga lima cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko terkena Alzheimer hingga 20 persen.

Penelitian dari National Institute on Aging menemukan bahwa pria dan wanita yang berumur 70 tahun yang mengonsumsi kopi secara teratur memiliki fungsi mental dan otak yang lebih baik daripada mereka yang tidak minum kopi.

Kesimpulannya, mengonsumsi kopi dalam batas yang wajar dapat membantu kita mempertahankan otak yang sehat. Artinya, kopi bisa melindungi kesehatan otak seseorang. Namun harus dipastikan bahwa minum kopi tidak ditambah dengan kebiasaan yang tidak sehat seperti minum alkohol atau merokok. Dan yang tidak kalah pentingnya adalah, tetap menjaga kesehatan dengan berolahraga secara teratur, menjalani gaya hidup sehat, dan tetap makan makanan sehat.*****

Bisnis Bermodal Rp 635 ribu. Berminat? Hub 0813 5505 2048 PIN 7D3F47E5

0 comments:

Post a Comment